optimisme ntu kudu perlu..

optimisme ntu kudu perlu..
perjuangan masih panjang akh...

Selasa, 23 Maret 2010

G S M


Melangkahkan kaki ke biro rektor atau bahkan mengayunkan kaki untuk kuliah ataupun ke perpustakaan kerap menimbulkan rasa senang di dalam hati. Rasa ini salah satunya muncul akibat adanya hal yang memang melahirkan rasa senang tersebut. Hal yang saya maksudkan yaitu fasilitas wifi zone maupun fasilitas anjungan yang tersedia di birek, fakultas maupun perpustakaan.

Memang, dengan adanya wifi zone, yang memiliki laptop atau notebook dapat mengakses internet dengan gratis……bagi yang belum memiliki kesempatan mempunyai laptop maupun notebook lantas tak juga berkecil hati karena Universitas tercinta memang mengantisipasinya dengan mengadakan anjungan….

Memang internet saat ini memang merupakan suatu ‘kebutuhan primer ataupun sekunder’ bagi kita. Itu dapat disebabkan memang dari situlah kadang kita mencari tugas yang diberikan dosen/guru, mencari ilmu selain yang kita pelajari di sekolah (tapi bukan ilmu hitam ya). Dalam internet ada Professor Google, DR Yahoo dll. Yang merupakan salah satu sumber jawaban dari pertanyaan yang ada di dalam benak kita. Internet juga menyediakan jejaring sosial, seperti fb, twitter , myspace yang membuat kita dapat berinteraksi dengan manusia-manusia lain dari berbagai belahan bumi. Dengan FB kita dapat menjalin hubungan dengan teman lama, mencari teman baru dll.

Begitulah sebagian manfaat internet yang mudah2an dapat kita ambil dan tidak mengambil mudharat dari yang namanya internet. Alhamdulillah, pihak universitas menyediakan fasilitas wifi dan anjungan. Dengan begitu gedung-gedung dari universitas perguruan tinggi kita dapat ‘membuka’ jalan kita berhubungan dengan dunia maya….


Tidak hanya gedung –gedung di dalam universitas namun gedung kantor perusahaan , gedung instansi pemerintahan dsb juga menyediakan fasilitas wifi …

Begitulah sekarang akses dalam melihat dunia begitu mudah…….

Namun ada satu gedung lagi yang sering kita lupakan maupun menggunakan manfaatnya…
Bahkan manfaat dari gedung / bangunan tersebut lebih dahsyat dari gedung2 lain yang ada di dunia…..

Bangunan yang saya maksud adalah Masjid….

Mau di tempat kuliah, di dekat rumah, maupun dimanapun……
Bagaimana tidak kita katakan jauh lebih bermanfaat , karena masjidlah tempat yang paling dicintai Allah swt…Masjidlah Rumah Allah yang ada di Muka bumi….

Berikut ini ada beberapa ‘kenikmatan’ mengenai masjid yang saya tahu yang pasti ada yang lebih tahu lagi dari saya….:


1. Melangkahkan kaki ke masjid
Salah satu hidangan kelezatan dari masjid adalah melangkahkan kaki ke arahnya saja (tentu saja dengan niat memasukinya ya) sudah memiliki banyak keuntungan….Seperti….
Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah.”

Bayangkan ncek, langkahan kaki kita saja dah dianggap sedekah….artinya bagi yang ingin bersedekah banyak2 sering2 ke masjid donk…?!

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Setiap langkah menuju tempat shalat akan dicatat sebagai kebaikan dan akan menghapus kejelekan.” (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shohih)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
“Artinya : Maukah kalian aku tunjukkan apa-apa yang menyebabkan Allah menghapuskan dosa dan mengangkat derajat kalian”. Mereka berkata: “Ya, wahai Rasul”, kemudian Rasul menyebutkan salah satunya adalah memperbanyak langkah menuju masjid. [Hadits Riwayat Muslim no. 251]
“Barangsiapa berwudhu untuk shalat, lalu dia menyempurnakan wudhunya, kemudian berjalan menuju shalat fardhu, lalu dia shalat bersama manusia –yakni bersama jama’ah di masjid-, niscaya Allah ampuni dosa-dosanya.” (HR. Muslim)
“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim no. 1553)

“Tidakkah kamu mau aku tunjukkan apa yang dengannya Allah menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat? Menyempurnakan wudhu dalam keadaan yang berat, memperbanyak langkah ke masjid dan menanti shalat setelah shalat. Itulah penjagaan sesungguhnya, itulah penjagaan sesungguhnya.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah t).


Subhanallah…bayangkan woi… melangkah ke masjid saja sudah memiliki kentungan yang sangat. Kalau melangkah ke tempat lain belum tentu kita dapati ini lho….
Satu langkah ngapus dosa langkah satunya naikkan derajat….mak…mantap kali bah….
Bahkan ada suatu riwayat dimana pada zaman Rasul saw. Ada sahabat yang pindah rumah ke dekat masjid lantas Rasul saw. menegurnya karena dia telah melewatkan fadhillah yang begitu besar….yakni ya itu tadi….semakin jauh jarak masjid dari rumah kita so semakin banyak langkah kita..jadi makin banyak donk dosa kita terhapus….
Begitu dahsyat..!!

2. Duduk-duduk di masjid
Duduk2 di suatu tempat memang kadang dapat menghilangkan rasa penat yang ada dalam benak jiwa ini….palagi kalo sambil merenung…tapi ada yang lebih bermanfaat lagi….

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah rådhiyallåhu ‘anhu, bahwa Rasulullah shållallåhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia’” (Shahih Muslim no. 469)

Bayangkan bro….duduk2 nunggu shalat di masjid amat sangat bermanfaat sekali…
Kalo kita mau nonton bola saja kadang kita nunggu nya dari 1, atau setengah jam sebelumnya….Ini….kita nunggu sholat lho…
Klo nunggu konser atau nonton bola kita kepanasan dan sedikit manfaatnya . Nah , kalo nunggu shalat bayangkan bro….
15 menit /10 menit ja kita nunggu ..dah berapa kali malaikat do’akan kita…ck ck ck

Itu sebelum shalat aja bahkan kenikmatan itu akan lanjut sampai saat sehabis shalat…

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah rådhiyallåhu ‘anhu, bahwa Rasulullah shållallåhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Para malaikat akan selalu bershalawat kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata, ‘Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia’” (Al Musnad no. 8106, Syaikh Ahmad Syakir menshahihkan hadits ini)


Mantap kali ceuy….!


3. Terdepan…(setahuku lelaki)

Kalo di seminar, masuk mata kuliah (apalagi b.inggris bisnis ) kita mau duduk di depan apalagi kalo di masjid usahakan semaksimal mungkin untuk jadi yang terdepan…

Imam Abu Dawud (dan Ibnu Khuzaimah) dari Barra’ bin ‘Azib rådhiyallåhu ‘anhu, bahwa Rasulullah shållallåhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang – orang) yang berada pada shaf – shaf terdepan” (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud I/130)



4. Manfaat2 lain

Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah rådhiyallåhu ‘anhu, bahwa Rasulullah shållallåhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seorang Imam membaca ‘ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh dhaalinn’, maka ucapkanlah oleh kalian ‘aamiin’, karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu” (Shahih Bukhari no. 782)

Memang ..Allah Maha Bijaksana
Sholat yang dimaksud di sini mungkin sholat Maghrib, Isya dan Shubuh …karena disitu lah Alfatihah dibaca nyaring…
So…apalagi yang ditunggu
kita kan dah pulang sekolah, kuliah pada waktu itu…..Enak kali kan…?



Dan mungkin masih banyak lagi manfaat dari masjid….
Subhanallah memang masjid dapat dijadikan wadah untuk menyucikan diri dari noda2 hitam yang telah melekat di fisik maupun bathin….


Hormat
Oleh karena itu, haruslah kita juga menghormati kesucian masjid tersebut…
“Artinya : Termasuk Sunnah, apabila engkau masuk masjid, untuk mendahulukan kakimu yang kanan dan apabila engkau keluar, dahulukan kaki kirimu. [Hadits Riwayat Hakim 1/475, ia berkata : Shahih berdasarkan syarat Muslim" Dan disepakati oleh Adz-Dzahabi]

Dalam memasuki masjid , disarankan untuk mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu karena itu merupakan Sunnah Nabi saw.

“Artinya : Apabila salah seorang diantara kalian masuk masjid, maka hendaklah shalat dua rakaat sebelum ia duduk”. [Hadits Riwayat Bukhari no. 444 dan Muslim no. 714]

Setelah itu hendaknya kita juga shalat tahiyyatul masjid sebagai penghormatan kepada masjid tercinta….

Masjid-masjid tidak wajar untuk tempat kencing atau (membuang sampah). Ia hanya untuk (dijadikan tempat) berzikir kepada Allah Ta’ala, dan membaca (belajar) Al-Quran (HR Muslim).



Penutup

Allah swt. Maha Pengasih lagi Maha Penyayang dan tempat yang paling dicintai oleh sang Maha Penyayang itu……


“Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjidnya dan yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)


Seorang tuan rumah tentu akan berusaha seoptimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi tetamunya….

Begitu juga Allah swt. bertindak bagi siapa yang mendatangi rumah-Nya…..

So, aktifkan GSM mu (Gerakan Serbu Masjid)……Segera……

Wallahu’alam bish shawab.
Ishlah al-Medaniy
Kittabatu at-tilmidz

Doa: Ya Allah jadikan hamba-Mu ini orang yang terpaut hatinya pada masjid…Wasshallahu ‘ala Muhammad Alhamdulillah. Amin

NB :
Tulisan ini pasti mengandung banyak kekurangan dan punya kesalahan, seperti penulisnya. Jadi, mohon bantuan dan maafnya….
Ingatlah apa2 yang bercetak tebal …karena lebih berharga daripada ocehan penulis…
Kebenaran mohon diambil karena itu dari Allah swt. Kesalahan milik penulis yang pande2an.
Label : Vista Wall | supercar | accessories | car body design | office property | Anime | woman |

0 komentar:

Posting Komentar

Motto Que

kebiasaan itu belum tentu baik, tapi yang baik itu perlu dibiasakan..

AKU RAMAH BUKAN BERARTI TAKUT
AKU TUNDUK BUKAN BERARTI TAKLUK