optimisme ntu kudu perlu..

optimisme ntu kudu perlu..
perjuangan masih panjang akh...

Jumat, 26 Februari 2010

DENGAN MAULID MARI BERUBAH


Bulan Februari kali ini mungkin merupakan salah satu bulan spesial bagi kita untuk tahun ini. Ini bukan dikarenakan adanya hari 'penyesatan' Valentine's Day. Namun, karena bertepatan pada bulan ini lahir tokoh Revolusioner bagi Dunia yang dengan itu menempatkan dirinya sebagai tokoh yang paling berpengaruh sepanjang sejarah. Ya, Alhamdulillah bulan februari ini bersamaan dengan bulan Rabi'ul Awal atau lebih tepat di dalamnya ada hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Maulidun Nabi atau sering disebut sebagai Maulid Nabi merupakan salah satu hari yang 'mesti' dirayakan oleh ummat Islam. Memang tidak ada aturan yang mengharuskan untuk merayakan nya namun karena terdorong oleh rasa Cinta kepada 'Kanjeng' Nabi Saw. maka Ummat Muslim di seluruh dunia pun merayakannya.

Banyak hal yang biasanya menjadi 'bumbu penyedap' Maulid Nabi. Acara - acara yang bernuansa religius seperti lomba busana muslim, sayembara puisi Islam , Festival nasyid dsb. merupakan upaya kaum Muslimin membesarkan hari Milad ar-Rasul. Namun, pada intinya pengkajian dan pengungkapan akan kelahiran, kehidupan dan akhlak beliau yang agunglah yang menjadi sesuatu yang layak ditunggu dan didengar oleh kita semua.

Menurut saya, setidaknya ada tiga poin penting yang menjadi tujuan atas terselengaranya maulid nabi Saw. berikut akan saya sampaikan berikut harapan kita bersama untuk ke depannya..

Pertamabahwa dengan diadakannya maulid nabi kita akan disuguhkan tentang kelahiran,pola kehidupan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan Nabi Saw. Dengan Begitu kita yang tadinya tak tahu menjadi tahu, kita yang tadinya lupa menjadi ingat kembali. Otomatis dengan kita lebih mengenal Nabi maka kita akan semakin cinta akan Nabi . Seperti kata Pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang. Harapan kita Maulid kali ini hanya merupakan awal akan kecintaan kita akan mengaji dan mengkaji Sirah-sirah Nabi Saw.

Kedua bahwa kita akan semakin mengetahui sifat dan akhlak nabi . Sifat atau karakter unggul para Nabi ialah Sikap PASTI (Pathonah, Amanah, Shiddiq, Tabligh, Istiqamah). Dengan mengetahui akhlak beliau diharapkan kita mampu paling tidak mendekatinya. Juga dengan mengetahui sifat serta akhlak beliau kita diharapkan pada muaranya menempatkan beliau sebagai idola dalam hidup kita. Pada saat ini memang seumuran kita kebanyakan lebih menempatkan Selebriti atau artis sebagai idola padahal kebanyakan mereka hanya berorientasi pada dunia dan kerap tidak menunjukkan uswah yang positif bahkan cenderung negatif.

Ketiga Poin ini yang terpenting menurut saya,Kita dapat menyerap Energi Perubahan dan Perbaikan yang diusung beliau. Pakar sejarah menempatkan beliau sebagai tokoh Number One In THe world because.... dia mampu merubah masyarakat yang semua unsur kehidupannya Jahiliah hanya dalam waktu 23 tahun. Subhanallah.
Nah, energi perubahan serta perbaikan inilah yang harus kita serap dari beliau . Kita harus mampu merubah dunia, bangsa masyarakat atau minimal dan yang terpenting diri kita sendiri.
Dengan maulid kita harus berubah......
Dahulu kita yang dulu jarang shalat berjamaah di mesjid khususnya lelaki harusnya setelah maulid kita jadi sering atau bahkan tiap shalat fardu berjamaah. Kita yang dulu tak pernah baca Quran setelah Maulid diharapkan menjadi orang yang gemar membaca Quran minimal satu 'ain / satu lembarsehari.

Mudah-mudahan kita semua mampu untuk menyerap energi perbaikan atau perubahan menajdi lebih baik.Amin...


Wallahu 'alam bish shawab
Ishlah al-Medaniy
at-Tilmidz of Alam
Label : Vista Wall | supercar | accessories | car body design | office property | Anime | woman |

0 komentar:

Posting Komentar

Motto Que

kebiasaan itu belum tentu baik, tapi yang baik itu perlu dibiasakan..

AKU RAMAH BUKAN BERARTI TAKUT
AKU TUNDUK BUKAN BERARTI TAKLUK